MAKAN CEPAT BISA BIKIN GENDUT

Bookmark and Share
Selama ini yang ada di benak kita bahwa ke gemukan hanya terjadi jika kita terlalu banyak asupan energi(gembul),sekarang telah di temukan penyebab lain obesitas.
tentunya selain makan terlalu banyak ada satu hal lg yg bikin kita gemuk yaitu

makan terburu-buru hingga kenyang, tiga kali lipat berisiko gendut. Demikian sebuah studi di Jepang terbaru terhadap 1122 pria dan 2165 wanita berusia 30 hingga 69 tahun.

Mereka ditanyai sejarah dietnya dengan pertanyaan-pertanyaan seputar kebiasaan makan mereka. Terungkap sebanyak 50,9 persen pria dan 58,4 persen perempuan bilang mereka makan sampai kenyang. Adapun 45,6 persen pria dan 36 persen wanita menyebut mereka biasa makan dengan cepat.

Mereka yang makan cepat dan makan hingga kekenyangan ternyata punya indek massa tubuh (BMI) dan pemasukan energi yang tinggi, dan tiga kali lipat bakal kegemukan ketimbang yang tidak. Studi tersebut dipublikasikan Rabu lallu di British Medical Journal.

“Riset ini menunjukkan bahwa makan cepat dan hingga kenyang punya 'sebuah efek super aditif' atas kegemukan,” demikian kesimpulan Profesor Hiroyasu Iso dan koleganya dari Osaka Univerisity.

Hingga kini, menurut informasi dari sejumlah riset. kebanyakan orang dewasa tak sempat mengkonsumsi cukup energi untuk tertimbun hingga membuat tubuh melar. Tapi kebiasaan makan telah berubah seiring meningkatnya kemampuan dalam membeli makanan murah dalam porsi besar, makanan cepat saji, jarangnya keluarga makan bersama dan ngemil (sambil nonton tv misalnya).

Menurut Elizabeth Denney-Wilson dari University of New South Wales, temuan penelitian itu menunjukkan bagaimana pola makan saat ini di banyak negara dapat memainkan peran penting dalam epidemi kegemukan (obesitas).

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment