Di Atas Awan, 'Laskar Pelangi' Digoyang Gosip

Bookmark and Share

Jakarta - Di tengah popularitasnya sekarang, karya 'Laskar Pelangi' Andrea Hirata digoyang gosip. Novel yang diangkat ke layar lebar itu dituding bukan karya orisinil Andrea.

"Ya, Andrea menulis Laskar Pelangi sama-sama dengan saya. Saya jadi pembuka inspirasinya. Saya ikut bantu. Kroscek aja lah ke Belitung. Saya ikut nulis dan membantu memberikan inspirasi, memberikan ide," ujar Roxana, perempuan yang mengaku sebagai istri Andrea Hirata saat berbincang dengan detikhot Jumat (7/11/2008).



Bukan hanya mengaku sebagai istri, Roxana juga mengklaim dirinyalah Flo dalam novel 'Laskar Pelangi.' Flo adalah murid SD PN yang pindah ke SD Muhammadiyah.

"Nggak ada orang yang pindah dari SD PN ke Muhammadiyah yang orang tuanya kerja di kapal keruh selain Mba Ana," ujar pengacara Roxana, Fachrurrozi.

Roxana juga bertutur kalau sekolah Muhammadiyah tempatnya menuntut ilmu tidaklah sebobrok yang digambarkan dalam film dan novel. Sekolah tersebut cukup bagus dan memiliki siswa lebih dari satu kelas.

Tudingan Ana, sapaan akrab Roxana itu tak terlalu membuat pusing Andrea. "Itu kan karya film dan novel, unsur dramatisir itu ada. Berapa kali saya ulang-ulang," tegas Andrea saat berbincang dengan detikhot via ponselnya, Sabtu (8/11/2008).

Andrea pun sangat menyayangkan pengakuan Roxana. Ia merasa apa yang dikatakan perempuan itu bisa menyakiti banyak orang. Bukan hanya itu, pengakuan tersebut juga bisa menggaggu semangat mengajar guru-guru di Indonesia yang sudah terlanjur terinspirasi pada cerita 'Laskar Pelangi.'


{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment